SMS Sabda

Another way spreading God Words

ALAMI KEMULIAANNYA!

​Siraman Rohani

Sabtu 06 Agustus 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Kedekatan kita dengan Tuhan membuka peluang yang sangat besar bagi kita untuk alami kemuliaanNya! (Lukas 9:28b-36)


Sdr/i…. Ceritera penampakan, kemuliaan Tuhan kepada tiga rasul yaitu Petrus, Yohanes dan Yakobus, di atas gunung, sangat menarik untuk direnungkan. Yesus sendiri mengajak ketiga rasulNya untuk pergi berdoa. Selagi berdoa mereka alami penampakan kemuliaan Tuhan. Rupa wajah Yesus berubah dan pakaianNya menjadi putih berkilau-kilauan. Dan Ia berbicara kepada Moses dan Elia. Mungkin ada yang bertanya: mengapa Musa dan Elia muncul dalam Penampakan kemuliaan Tuhan? Apakah peran kedua tohoh ini dalam sejarah keselamatan manusia?
Kedua tokoh ini, Musa dan Elia, adalah sangat penting  dalam sejarah keselamatan orang Israel, tokoh penting dalam Perjanjian Lama.  Musa ditugaskan Allah untuk menghantar orang Israel dari perbudakan di Mesir. Ia membimbing orang Israel berkat bantuan Tuhan. Di atas gunung Sinai, Tuhan memberikan 10 perintah kepada Musa sebagai pegangan umat Israel. Kesepuluh perintah ini masih dipegang kuat, baik oleh umat Israel maupun umat Kristen pada saat ini. Musa sungguh dekat dengan Tuhan. Ia selalu alami Tuhan sejak Tuhan menugaskan dia untuk menghantar umat Israel keluar dari Mesir. Karena kedekatannya dengan Tuhan, maka ia pun mengalami kemulian Tuhan dalam karyanya. Dari kitab Perjanjian Lama, khususnya Kitab Keluaran, kita membaca bahwa Musa mengadakan banyak mujizat-mujizat. Lewat mujizat itu kita tahu betapa besar kuasa Tuhan bekerja dalam diri Musa.
Sementara Elia adalah figure paling menonjol dalam memperkenalkan semangat kenabian dalam Perjanjian Lama. Elia menjadi perantara, antara Allah dan umatNya. Elia seorang nabi besar yang hidup dalam abad ke 9 sebelum kedatangan Yesus Kristus. Ia memaklumkan bahwa Yahwe adalah satu-satunya Allah yang benar, dan ia menyerukan kepada orang banyak agar bertobat dari menyembah berhala.
Kedua tokoh ini sudah memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan umat Israel. Peran mereka secara rohani sudah disatukan dalam diri Yesus Kristus. Yesus Kristus sudah menjadi pembebas manusia dari perbudakan setan, bukan hanya untuk umat Israel tetapi seluruh umat manusia yang percaya kepadaNya. Yesus Kristus sendiri sudah memproklamirkan hukum cinta-kasih kepada mereka yang percaya kepadaNya. Ia sudah berhasil merenggut hati banyak orang berdosa kembali kepada Tuhan dan Ia sendiri sudah menjadi perantara manusia yang percaya kepada Tuhan dengan Tuhan sendiri. Peran kedua tokoh Perjanjian Lama ini kini sudah disatukan dalam diri Yesus Kristus.
Kehadiran kedua tokoh penting ini dalam peritiwa Transfigurasi Yesus Kristus di gunung itu, mau menekankan peran dan tugas yang diemban Yesus Kristus sebagai penyambung tugas dan tanggung jawab mereka. Yesus Kristus menciptakan suatu Perjanjian Baru antara Allah dan manusia. Yesus Kristus kini hadir mau membebaskan, mengajar, menjaga, dan membimbing umat Allah yang baru kepada Allah.

Sebagai pengikut Kristus, kita juga diberi tugas dan tanggungjawab untuk meneruskan tugas yang sudah dikerjakan oleh Musa, Elia dan Yesus Kristus sendiri, yaitu membebaskan sesama dari belenggu setan, seperti kebiasaan2 melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Tuhan, dan mengajar, menjaga dan membimbing sesama untuk selalu mencintai Tuhan dalam hidup hariannya. Semua ini dapat kita jalankan kalau kita selalu dekat dengan Tuhan. Kedekatan kita dengan Tuhan sangat membuka peluang bagi kita untuk mengalami kemuliaanNya dalam hidup kita.
Marilah saudara/i…kita berdoa semoga Tuhan selalu mengajak kita untuk berjalan bersama Dia, agar dengan demikian kita pun alami kemuliaanNya.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: