SMS Sabda

Another way spreading God Words

Hendaklah kamu siap sedia!

​Siraman Rohani

Minggu 07 Agustus 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Hendaklah kamu siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan! (Lukas 12:35-40)

Sdr/i…. Injil hari ini mengingatkan kita akan kedatangan Tuhan di hari akhirat.  Yesus melukiskan kedatanganNya pada hari akhirat seperti seorang tuan yang datang tiba-tiba di tengah malam dari perkawinan dan bagaimana seharusnya sikap yang dimiliki oleh hambanya. Hamba yang setia harus selalu siap sedia, pinggangnya harus selalu berikat dan pelitanya harus tetap menyala dengan demikian tuannya akan bahagia dan merasa senang dengan dia.
Saya teringat akan pengalaman saya sewaktu libur bulan Agustus tahun 2015 yang lalu. Bersama keluarga saya mengikuti pesta pernikahan di kampung. Sebelum pergi ke tempat pesta kami ingatkan seorang anak yang membantu di rumah bahwa kami akan tidak lama di tempat pesta. Tetapi sewaktu mengikuti acara resepsi pernikahan, ada macam-macam acara yang menarik dipentaskan di sana, dengan demikian kami harus tinggal lebih lama. Sewaktu kami pulang ke rumah, anak yang menjaga rumah sudah tertidur lelap. Kami mengetuk pintu sambil teriak memanggil namanya. Kasihan, dia sudah tertidur lelap. Bisa dibayangkan perasaan kami waktu itu.
Kalau kita menilai sikap anak ini mengikuti standar sikap seorang hamba yang setia menurut perumpamaan hari ini, maka penjaga rumah kami ini termasuk dalam kelompok pelayan yang tidak setia. Dia tidak siap sedia menanti kedatangan tuannya.  Dia mengikuti kehendaknya sendiri. Ngantuknya tidak bisa dibendungnya. Ngantuknya menguasai dia. Konsentrasinya untuk menyambut kedatangan tuannya tidak ada. Kalau saja dia selalu berpikir akan kedatangan tuannya, dan selalu berpikir akan akibat yang akan diterimanya kalau ia tertidur sewaktu tuannya datang, pasti dia akan selalu buat sesuatu agar selalu terjaga. Sikap seorang pelayan selalu mendatangkan konsekwensi akan nasib hidupnya. Sikap baik, siap sedia  melayani tuannya, akan selalu mendapat pujian tuannya; sebaliknya sikap tidak baik, tidak siap menyambut kedatangan tuannya akan mendatangkan mala petaka, seperti akan dicaci maki atau dikeluarkan.
Hal yang yang sama terjadi atas hidup kita. Perumpamaan tuan dan hamba dalam kisah Injil hari ini mau melukiskan kehidupan kita orang yang percaya akan Tuhan. Tuan dalam perumpamaan ini adalah Yesus Kristus sendiri. Hamba adalah kita orang yang percaya. KedatanganNya yang tiba-tiba dari tempat perkawinan adalah kedatangan Yesus Kristus dari Surga untuk memanggil kita masing—masing di saat kita mati.
Kematian kita prosesnya bermacam-macam. Ada yang melalui proses sakit yang berkepanjangan, ada yang mati di saat tidur, ada yang mati karena kecelakaan entah kecelakanan kendaraan, pesawat atau kapal laut, atau jatuh dari pohon, terantuk atau waktu olahraga. Mati karena sakit, mungkin masih ada kesempatan untuk siap diri menghadapi kematian, tetapi mati karena terantuk atau kecelakaan atau waktu tidur, kemungkinan orangnya belum siap.
Sadar akan bermacam-macam proses kematian atau proses bagaimana Tuhan datang memanggil kita, maka Yesus dalam InjilNya hari ini menasihati kita untuk selalu siap sedia. Siap sedia maksudnya selalu ciptakan relasi yang baik dengan Tuhan setiap waktu. Dengan sadar kita memikirkan Dia dan berdoa memohon bimbinganNya setiap hari. Memulai dan mengakhiri kegiatan harian kita bersama Tuhan. Sewaktu mau tidur malam ucapkan syukur kepada Tuhan dan memohon pengampunan kalau kita dengan sadar atau tidak sadar sudah jatuh dalam dosa; memohon perlindunganNya selama kita tidur. Waktu bangun pagi juga demikian, sampaikan syukur akan perlindunganNya dan memohon bimbinganNya sepanjang hari baru. Kalau dengan sadar kita melakukan semuanya ini setiap hari, itu berarti kita sudah termasuk seorang hamba yang selalu siap sedia menyambut kedatangan Tuhan kita. Kalau tidak maka kita akan terjebak dan terlambat. Kita tidak tahu bagaimana kehidupan jiwa kita sesudah kematian tubuh kita nanti.
Karena itu, marilah saudara/i…hayati dan amalkanlah apa yang dinasihati oleh Yesus kristus hari ini: “Hendaklah kamu siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.”

Kita berdoa semoga Tuhan selalu kuatkan iman kita dan sadarkan kita agar kita selalu ciptakan relasi yang baik dengan Dia setiap saat.
Kita juga memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: