SMS Sabda

Another way spreading God Words

Filius Dei – Putra Allah

​HIK:Sabtu, 13 Agustus 2016

Pekan Biasa XIX

Yeh 18:1-10.13b.30-32; Mzm 51:12-15.18-19; Mat 19:13-15

Inilah salah satu gelar Yesus yang kita imani. Ia hadir sebagai pribadi yang sangat dekat dengan BapaNya seperti anak yang dekat dengan ayahnya.
Hari inipun, Gereja menegaskan dekatnya Gereja dengan anak-anak kecil, terlebih mengacu pada Philippe Aries dalam Centauries of Childhood, diyakini bahwa wajah dan hati anak adalah wajah dan hati tanpa dosa. Bahasanya hadits nabi: “setiap anak lahir dalam keadaan suci/fitrah.”
Ada beberapa hal yang bisa kita dalami lewat pesan iman tentang Gereja yang lekat dan dekat dengan anak-anak kecil, antara lain:
1.”Mutu”:

Orangtua adalah pendidik yang mempengaruhi mutu/kualitas anak: “Karena orangtua telah menyalurkan kehidupan kepada anak-anak, mereka terikat kewajiban amat serius untuk mendidik anak-anak mereka. Merekalah yang harus diakui sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak- anak mereka” (GE 3, FC 36).
2.”Waktu”:

Orangtua harus menyediakan waktu berkualitas, baik secara efektif maupun afektif untuk anak-anak sehingga membentuk mereka menjadi pribadi yang mengenal dan mengasihi Allah. Kewajiban dan hak orang tua untuk mendidik anak-anak mereka tidak dapat seluruhnya digantikan ataupun dialihkan kepada org lain (FC 36,40).
3.”Satu”:

Mengacu pada bac Injil hari ini, pendidikan iman (otak watak akhlak) anak pertama-tama dilaksanakan dengan membawa anak-anak semakin bersatu dalam Tuhan.
Artinya? Mengajak anak untuk ke gereja bersama dan membiasakan anak berdoa bersama, baik dalam keluarga maupun di lingkungan, mengikutsertakan mereka dalam kegiatan gerejani, menjadi sehati dengan gereja, “cor unum et anima una”: “Biarlah anak-anak datang padaKu. Barangsiapa tidak bisa menjadi seperti anak-anak, tidak bisa masuk ke dalam Kerajaan surga!”
“Ikan louhan ikan barakuda – Jadilah anak Tuhan yang tidak bernoda.”
Salam HIKers,

Tuhan memberkati & Bunda merestui

Fiat Lux!@RmJostKokoh
(Romo Josafat Kokoh Prihatanto – Jakarta)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: