SMS Sabda

Another way spreading God Words

HAK ADALAH MAHKOTA DARI KEWAJIBANMU

​TETESAN EMBUN PAGI SURGAWI

dari Kota AMBON MANISE

Rabu, 17 Agustus 2016 : Mat.22 : 15 – 21


“Lakukanlah kewajiban-kewajibanmu dengan baik dan setia, maka hakmu akan Anda nikmati sebagai sebuah mahkota.”
Dibalik tuntutan mendasar agar orang lain memberi kesempatan untuk menikmati hak-hak kita, apakah terbersit pertanyaan refleksif, “sejauh manakah kita telah melakukan kewajiban-kewajiban kita baik sebagai warga Negara maupun Gereja?” Ataukah tuntutan untuk menikmati hak harus diberikan (dinikmati) tanpa melakukan kewajiban-kewajiban kita?
Di hari kemerdekaan bangsa dan negara kita Indonesia tercinta, Gereja memberikan sebuah kutipan Injil yang sangat inspiratif yakni tentang Yesus yang dituntut untuk membayar pajak. Ketika ditunjukkan kepadanya mata uang, maka Ia bertanya, “gambar dan tulisan siapakah ini?” Mereka menjawab, “gambar dan tulisan Kaisar. Lalu kata Yesus, “berikanlah kepada Kaisar apa yang menjadi hak Kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” Ia, yang adalah Penguasa dan Pencipta segala sesuatu memberikan pencerahan kepada mereka yang bertanya kepada-Nya sehingga mereka dapat melakukan kewajiban sesuai dengan apa yang seharusnya mereka perbuat.
Di hari yang penuh suka cita, kegembiraan dan rasa syukur merayakan HUT RI yang ke-71 ini, kita mengingatkan kembali semboyan termasyur “Menjadi 100% Katolik dan 100% Indonesia. Lakukanlah kewajiban-kewajibanmu baik terhadap Negara dan Tuhan (Gereja) maka hakmu akan Anda nikmati sebagai mahkota kemenangan. Hanya orang yang tidak mempunyai rasa malu lah yang menuntut haknya tanpa melakukan kewajiban-kewajibannya.
Marilah kita tunjukkan bahwa kemerdekaan yang kita rayakan hari ini bukan menjadi pintu gerbang utama untuk menikmati hak-hak kita melainkan melaksanakan kewajiban-kewajiban kita, karena sesungguhnya diujung setiap pemenuhan kewajiban selalu ada mahkota hak yang kita akan nikmati.
Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,
***Rinnong – Duc in Altum***
(Pastor Inno Ngutra,Pr -Ambon-)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: