SMS Sabda

Another way spreading God Words

Mengasihi sesama

​Siraman Rohani

Rabu 31 Agustus 2016

Rm Fredy Jehadin SVD

Tema: Mengasihi sesama lewat kata dan perbuatan nyata. (Lukas 4: 38 – 44)

Sdr/i… Injil hari ini secara tidak langsung mau mengajar kita untuk melakukan apa yang sudah dilakukan oleh Yesus Kristus, yaitu sesudah mengikuti kebaktian di Gereja, wujud-nyatakan Sabda Tuhan dan pesan-pesan yang sudah didengar selama Misa atau kebaktian dalam kehidupan nyata.
Saya ingat seorang pemuda di satu paroki. Sesudah perayaan kebaktian hari Minggu, ia selalu bersukacita, dengan wajah berseri berjabat-tangan dengan banyak orang di depan Gereja. Dia bergegas mengunjungi keluarga-keluarga yang tidak sempat hadir waktu misa. Pada suatu kesempatan saya tanya beliau. “Matus, nama pemuda itu, saya amati bahwa setiap hari minggu sesudah Misa engkau selalu bersuka-cita. Dengan muka berseri-seri, engkau jalan keliling berjabat-tangan dengan begitu banyak orang, lalu bergegas pergi mengunjungi keluarga yang tidak datang misa. Saya mau tanya: “Apa yang mendorong engkau berbuat demikian?” Dengan wajah ceriah sambil senyum dia berkata: “Pater, sesudah mendengar Sabda Tuhan dan menerima Tubuh Kristus pada hari Minggu, saya selalu merasa sangat bahagia dan perasaan bahagia itu mendorong saya untuk expresikannya lewat berjabat-tangan dengan sesame dan membagi kebahagian itu kepada mereka yang tidak sempat hadir misa.”  Penjelasannya sungguh membuka pikiran dan kesadaran saya.
Benar sekali! Sudah seharusnya kita semua berbuat yang sama sesudah mengikuti Misa atau kebaktian. Kita sudah diteguhkan oleh Sabda Tuhan dan disegarkan oleh makanan rohani. Kebahagiaan itu sudah seharusnya kita bagikan kepada sesame kita. Si Matus yang tidak belajar Teologi dan Kitab Suci ini sudah menyadarkan saya untuk melakukan yang sama.
Berjabat-tangan di depan Gereja dan bercakap-cakap sebentar dengan umat Allah sesudah misa sesungguhnya adalah bentuk-bentuk sederhana sebagai ungkapan kegembiraan kita sesudah mendengarkan Sabda Tuhan dan menyambut Tubuh dan Darah Kristus pada waktu Misa atau kebaktian.

Sesungguhnya, itulah yang dibuat Yesus, yang kita dengar dalam bacaan Injil hari ini. Bahwa sesudah kebaktian Ia menjenguk ibu mertua Simon yang lagi demam. Yesus bukan hanya mengajar orang di dalam Bait Suci, tetapi mewujud-nyatakan apa yang diajarkanNya dalam kehidupan nyata. Ia mengajar hukum cinta kasih dan Ia sendiri mewujud-nyatakan isi hokum cinta kasih itu dalam kehidupan nyata. Ia mengasihi sesama lewat kata dan perbuatan nyata.
Kalau kita amati apa yang terjadi sesudah Misa pada hari Minggu di paroki-paroki secara khusus di paroki – paroki kota di zaman kita sekarang, kebanyakan orang bergegas ke mobil masing-masing atau mengambil hp membaca pesan dan pergi. Sepertinya semua orang pada sibuk.

Melihat kenyataan ini, kadang pikiran saya terusik dengan satu pertanyaan: “Apakah umat Allah masih ingat akan arti hidup menggereja? Gereja artinya kumpulan umat Allah yang sehati-sejiwa, menghayati persatuan dengan umat yang lain. Tetapi kenyataannya banyak dari kita selalu bergegas tinggalkan Gereja sesudah Misa. Kita semua adalah anggota tubuh Kristus, yang kepalanya adalah Yesus Kristus sendiri. Sebagai anggota kita sudah seharusnya selalu bekerja sama, saling membagi suka dan duka. Sebagai kepala, pasti Yesus sangat bahagia kalau kita semua saling bekerja sama. Sebaliknya Ia akan merasa sedih kalau tidak ada kerja sama antara kita.
Marilah saudara-saudari… ikutilah apa yang sudah ditunjukkan Kristus kepada kita yaitu wujud-nyatakan Sabda Tuhan dan ajaran Gereja dalam kehidupan nyata dan bagikan kebahagiaan yang kita alami sesudah menerima Kristus kepada sesama kita.
Kita memohon Bunda Maria, Bunda Yesus Kristus untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: