SMS Sabda

Another way spreading God Words

Berpeganglah pada Dia

​Siraman Rohani

Jumat 02 September 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Sekali kita mengimani Tuhan, pusatkanlah perhatian kita kepadaNya.     (Lukas 5: 33 – 39)
Saudara-saudari … Pernyataan Yesus hari ini sungguh menantang kita. Katanya: “Tidak seorang pun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk menambalkannya pada baju yang tua. Jika demikian, yang baru itu juga akan koyak dan pada yang tua itu tidak akan cocok kain penambal yang dikoyakkan dari yang baru itu. Demikian juga tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itu pun akan hancur.
Perkataan Yesus ini sesungguhnya mau mengingatkan kita agar tetap menghayati dan mengamalkan iman akan Kristus dalam kehidupan harian kita. Sekali kita mengimani Dia dan mengakui Dia sebagai Tuhan kita, berpeganglah pada Dia. Apa pun tantangan yang kita hadapi, kita harus selalu berpaling kepadaNya.

Di saat kita dalam keadaan terjepit, dalam keadaan sakit misalnya, kadang kita digoda untuk kembali kepada kepercayaan tradisional kita. Konsep tentang sakit atau mati misalnya, sering kita kaitkan dengan relasi kita dengan orang lain. Sakit atau mati itu disebabkan oleh orang lain.
Kami di Papua New Guinea, setiap tahun begitu banyak ibu atau bapa tua jadi korban karena dituduh sebagai penyebabkan seseorang jatuh sakit atau mati. Walaupun menurut dokter, sakit atau kematian seseorang disebabkan oleh penyakit tertentu. Kebanyakan orang tetap tidak menerima bahwa sakit atau kematian disebabkan oleh penyakit. Konsep pemikiran ini selalu membuat orang menjadi takut. Perasaan saling membenci dan curiga semakin menjadi-jadi. Orang selalu dirundung oleh perasaan takut.
Hari ini Yesus mengajak kita, katanya:  “Anggur yang baru, harus disimpan dalam kantong yang baru. Itu berarti sekali kita mengimani Kristus, mengenakan pakaian Kristus sebagai Tuhan dan pelindung kita, kita sudah menjadi orang baru, anggur baru dengan kantong baru; karena itu kita harus selalu berpegang padaNya.
Banyak ceritera tentang penyembuhan dalam Injil, kunci penyembuhan adalah iman akan Kristus. Yesus sendiri katakan kepada orang yang disembuhkanNya: Imanmu sudah menyelamatkan engkau.

Marilah saudara-i…. Sekali kita mengimani Tuhan, peganglah Dia, pusatkanlah perhatian kita kepadaNya. Tuhan adalah sumber hidup kita. Dia adalah penguasa segalanya. Ia punya kuasa untuk memberi dan mengambil. Percayalah selalu padaNya.
Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita agar Tuhan selalu menguatkan iman, harapan dan cinta kita kepadaNya. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: