SMS Sabda

Another way spreading God Words

Melahirkan Sang Penebus

​Siraman Rohani

Kamis 8 September 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Dia lahir untuk melahirkan Penebus. (Matius 1.1-16.18-23).

Saudara-saudari …. Hari ini Gereja Katolik merayakan Pesta kelahiran Santa Perawan Maria. Dia lahir untuk melahirkan Putera Allah. Santa Maria sudah disiapkan khusus oleh Tuhan untuk menjadi Bunda Penebus kita, yaitu Yesus Kristus. Gereja mengajarkan bahwa Allah menjanjikan seorang Penebus bagi umat manusia. Penebus itu adalah AnakNya sendiri. Untuk maksud luhur itu Allah membutuhkan kerjasama antara Allah dan manusia. Allah membutuhkan seorang perempuan untuk mengandung dan melahirkan AnakNya. Kebenaran iman ini dikatakan oleh Santo Paulus dalam suratnya kepada umat di Galatia: “…setelah tiba waktunya, maka Allah mengutus AnakNya, yang dilahirkan dari seorang perempuan…(Gal 4: 4) Perempuan itu adalah Maria, seorang Puteri keturunan Abraham. Gereja mengajarkan bahwa Maria telah ditentukan Allah sedari kekal untuk mengandung dan melahirkan AnakNya. Untuk itu, ia suci sejak lahirnya dan dikandung tanpa noda dosa asal. Dalam konteks pengakuan iman inilah, Gereja merasa perlu menentukan hari khusus, yaitu 8 September untuk merayakan perisitiwa kelahiran Maria. Maria dilahirkan ke dunia ini oleh Santa Ana. Kemudian Santa Maria melahirkan Yesus Kristus, Putera Allah ke dunia untuk menebus umat manusia. Lewat Santa Perawan Maria, Allah yang tidak kelihatan kini kelihatan; Allah yang tidak bisa disentuh; kini bisa disentuh. Tuhan yang hadir dalam diri Yesus Kristus sudah mengajar begitu banyak umat manusia dan mengajak orang yang percaya untuk meneruskan karya keselamatanNya.
Santo Arnoldus Janssen menanggapi permintaan Yesus. Karena itu, pada tanggal 8 September 1875, 141 tahun yang lalu, ia mendirikan satu konggregasi misi, khusus menyiapkan misionaris untuk bekerja di daerah-daerah yang belum mengenal Kristus. Puji Tuhan sekarang anggota dari konggregasi ini bekerja di 60 negara. Konggregasi ini dilahirkan agar bisa melahirkan anggota umat Allah yang baru. Kita berdoa semoga lewat pelayanan mereka hati Yesus hidup dalam hati semua orang.
Marilah saudara-saudari, kita berdoa semoga teladan hidup Bunda Maria selalu menjiwai semangat hidup kita. Dan semoga lewat kesaksian hidup kita lahirlah banyak anggota baru yang mengimani Kristus dengan demikian hati Yesus hidup di hati banyak orang.
Kita memohon Bunda Maria dan Santo Arnodus Janssen, pendiri Serikat Sabda Allah, untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: