SMS Sabda

Another way spreading God Words

Kerinduan yang luhur

​Siraman Rohani

Kamis 22 September 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Apakah kita selalu punya kerinduan yang luhur untuk bertemu Yesus Kristus? (Lukas 9: 7 – 9)
Saudara-saudari… Ada seorang pastor misionaris merasa takut ditempatkan di satu paroki di keuskupan baru, karena ia mendengar bahwa pastor yang pernah berselisih dengan dia beberapa tahun sebelumnya, juga bekerja di wilayah yang sama. Dia cemas, jangan-jangan pastor itu akan apa-apakan dia lagi. Sesudah dicari tahu, ternyata informasi yang didengar oleh pastor misionaris ini tidak benar. Pastor yang pernah berselisih dengan dia ternyata sudah meninggal karena kecelakaan.
Herodes, lewat Injil hari ini, merasa cemas karena ada orang yang mengatakan bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Walaupun ada orang lain mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, atau seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit, tetapi Herodes tetap merasa takut dan cemas. Karena itu ia berkata: “Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapakah gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?” Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus, yang dianggap Yohanes, yang bangkit kembali dari mati.
Pertanyaan kita: apa sesungguhnya motivasi Herodes mau bertemu dengan Yesus? Apakah karena didorong oleh satu motivasi luhur mau mendengarkan ajaran Yesus Kristus dan mau bertobat dan mengikuti Yesus Kristus? Atau karena didorong oleh perasaan takut dan cemas, karena itu ia mau mencari tahu kebenaran, siapakah gerangan orang ini?  Apakah dia adalah Yohanes, yang bangkit kembali atau orang baru, yang namanya mereka panggil Yesus kristus?
Tingkah laku Herodes ini sesungguhnya masih hidup di antara kita. Ada pribadi yang masih mengikuti tingkah-laku Herodes, bahwa mereka selalu dihantui oleh kesalahan yang pernah dibuatnya di masa lampau. Walaupun sesungguhnya kejadian itu tidak terulang lagi, tetapi mereka selalu merasa takut, bahwa kejadian itu mungkin sekali akan terjadi lagi. Apa yang harus kita buat untuk mereka yang memiliki sikap seperti ini? Bagi mereka ini, perlu sekali dibantu dengan meningkatkan kesadaran untuk menerima kenyataan yang sangat riil, apa yang nyata saat sekarang dan pelan-pelan merubah cara berpikir berdasarkan apa yang riil, bukannya pada hal-hal yang tidak riil. Berhasil merubah cara berpikir, maka tingkah-laku orangnya pun akan berubah.
Ada penafsir Kitab Suci yang mengatakan bahwa Herodes berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus dengan tujuan untuk mencari tahu siapakah Dia sesungguhnya, apakah dia Yohanes yang bangkit kembali dari mati atau Dia adalah orang yang sama sekali baru. Jadi motivasi mau bertemu dengan Yesus, bukanlah motivasi luhur.
Bagaimana dengan kita? Apa motivasi kita menemui Yesus Kristus?  Apakah kita selalu punya kerinduan yang sangat tulus untuk mendengarkan suaraNya? Apakah kita punya kerinduan yang tulus untuk mengalami rasa damai dalam genggaman kasihNya?  Apakah kita punya kerinduan yang sangat mulia agar kita dijamahNya dengan tanganNya yang penuh kuasa?
Kalau kita punya motivasi yang tulus mau bertemu dengan Tuhan, maka kerinduan kita pasti akan terwujud, tetapi kalau kita tidak punya satu motivasi yang jelas, tetapi hanya karena mau ikut-ikut, dan mau beramai-ramai dengan massa…maka mujizat pun tidak akan terjadi ke atas kita. Mujizat akan terjadi pada orang yang sungguh punya iman yang sangat kuat pada Yesus.
Marilah saudara-saudari… tingkatkanlah kerinduan untuk bertemu dengan Yesus Kristus dengan satu motivasi yang sangat luhur, niscaya mujizat Tuhan, cepat atau lambat akan terjadi atas diri kita.

Kita memohon Bunda Maria, Bunda Yesus Kristus untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: