SMS Sabda

Another way spreading God Words

Di balik semua pesan

​Siraman Rohani

Sabtu 24 September 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Di balik semua pengalaman entah baik atau buruk selalu ada pesan untuk kita. (Lukas 9: 43b – 45)
Saudara-saudari… Bapa dari Arnoldus Janssen, pendiri Serikat Sabda Allah (SVD), pernah berkata: apa pun warnanya musim, entah cerah atau mendung, semuanya harus diterima karena itu semua diberikan Tuhan untuk kita. Jangan hanya menerima yang menyenangkan, sementara yang menakutkan ditolak.

Kalau kita amati gerak-gerik dari orang yang mendengarkan firman Yesus hari ini, “mereka semua takjub akan segala yang dilakukan Yesus.” Tetapi sesudah Yesus katakan: “Anak manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia”, mereka semua bingung. Mereka tidak mengerti perkataan itu. Mereka tidak memahaminya. Mengapa mereka bingung dan tidak memahaminya? Alasannya, karena mereka sesungguhnya hanya mengharapkan bahwa Mesias, Anak Allah datang membawa kedamaian dan perubahan positip bagi orang Israel. Mesias, Anak Allah tidak mungkin akan mengalami penderitaan. Apalagi mereka sendiri sudah menyaksikan begitu banyak mujizat yang telah dibuat Yesus, termasuk membangkitkan orang mati. Dalam pikiran mereka, pasti dengan kuasaNya, Yesus akan dengan mudah mengelakkan dirinya dari segala bentuk penderitaan.
Tetapi rencana dan pikiran Tuhan sama sekali lain. Bagi Tuhan, keselamatan harus melewati penderitaan. Keselamatan harus melalui kayu salib. Itulah kehendak Tuhan dan itulah yang dialami Yesus. Di balik penderitaan Yesus Kristus ada keselamatan. Satu pengalaman hidup yang sudah dilalui oleh Yesus Kristus, dan sebagai pengikutNya kita pun harus selalu merenungkan itu di kala kita alami penderitaan dalam hidup, apalagi kalau alami penderitaan karena iman.
Seorang teman suster, setiap kali alami sakit, ia selalu bertanya: “Apa arti penderitaan ini bagiku? Yang menariknya, bahwa entah cepat atau lambat, ia selalu menemukan pesan yang ditimbahnya dari penderitaan itu. Lewat pengalaman itu ia tahu apa yang dikehendaki Tuhan baginya.
Saya yakin, bahwa tidak semua orang punya kemampuan bisa membaca pesan di balik beraneka macam situasi hidup. Bagi orang yang selalu terbuka kepada kehendak Tuhan, baginya akan ditunjukkan pesan di balik beraneka bentuk situasi hidup itu.
Pertanyaan untuk kita semua: Mampukah kita membaca pesan di balik kesulitan hidup yang sedang kita alami?  Di saat kita lagi bersukacita, tiba-tiba ada berita dukacita, bagaimana reaksi kita di saat itu?   Apakah dengan sopan kita bertanya kepada Tuhan, atau kita marah-marah kepadaNya?
Marilah saudara-saudari, Yesus Kristus sendiri, lewat Injil hari ini, sudah mengajar kita, bahwa di balik sukacita ada dukacita. Lewat situasi duakacita, yaitu penderitaan dan mati di salib, keselamatan pun terjadi. Itulah kehendak Tuhan bagiNya.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu membuka pikiran dan mata hati kita agar kita pun mampu melihat dan membaca pesan di balik situasi yang sedang kita alami.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: