SMS Sabda

Another way spreading God Words

Berdoalah dengan…

​Siraman Rohani

Kamis 6 Oktober 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Berdoalah dengan penuh iman, harapan dan kasih! (Lukas 11: 5 – 13)

Saudara-saudari… Seorang frater dengan polos menceriterakan pengalaman imannya di depan teman-temannya. Menjelang ujian mata Kuliah Kitab Suci Perjanjian Baru, ia merasa bahwa walaupun ia sudah membaca diktat mata kuliah Kitab Suci berulang-ulang, tetapi tetap saja lupa dan malah ada yang sulit dimengerti. Ia begitu cemas, apalagi ujiannya bukan ujian tertulis, tetapi ujian lisan, hanya butuh waktu 15 menit. Di pagi hari sebelum ujian, di dalam kamarnya, ia berlutut di depan Salib Kristus dan patung Bunda Maria serahkan dirinya secara total kepada Yesus dan memohon Bunda Maria untuk membantunya. Dengan polos ia katakan kepada Yesus dan Bunda Maria bahwa ia sudah bekerja keras untuk membaca berulang-ulang diktatnya tetapi tetap saja lupa dan malah ada bagian-bagian yang sulit dimengerti. “Tuhan dan Bunda tolong bantulah aku.” Katanya kepada Yesus dan Bunda Maria.  Sesudah berdoa, ia bangun dan berjalan menuju gedung kuliah. Sambil menanti jam ujian, ia membuka diktatnya dan konsentrasi pada beberapa topik. Dia berusaha untuk memahami beberapa topik itu. Begitu jamnya tiba, ia masuk ruangan ujian. Dosen Kitab Suci menyuruh dia mengambil satu kertas yang sudah dihamburkan di atas meja dan dalam kertas itu sudah disiapkan beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Dia mengambilnya dan membaca pertanyaan. Dia begitu bahagia karena pertayaan –pertayaan dalam kertas yang diambilnya itu justru itulah yang barusan dibacanya sebelum masuk ruang ujian. Dosennya senang karena dia menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Ia percaya bahwa Roh Kuduslah yang menuntunnya membaca topik-topik itu di detik-detik terakhir sebelum ujian.
Saudara-saudari…. Hari ini Yesus berkata kepada para muridNya: “Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”
Apa yang dikatakan Yesus selalu menjadi kenyataan bagi mereka yang sungguh menghayati dan mengamalkannya.
Orang yang datang malam-malam meminta roti pada temannya, sungguh percaya bahwa temannya pasti akan memberikan apa yang sangat dibutuhkannya. Ia percaya bahwa walaupun teman dan keluarganya sudah tidur, pasti ia tetap akan mendengarkan dia dan melayaninya. Ia sungguh menaruh harapan padanya bahwa ia akan mendapat roti dari padanya. Bermodalkan iman, harapan dan kasih, orang ini tetap tekun menggedor pintu rumah temannya, berulang-ulang meminta belaskasihan temannya sampai pada akhirnya ia pun mendapat apa yang diharapkannya.
Pengalaman yang sama dialami oleh Frater, yang tadinya begitu cemas menghadapi ujian Kitab Suci. Ia sadar akan keterbatasan kemampuannya. Ia sudah bekerja keras, membaca ulang diktat mata kuliah Kitab Suci, tetapi tetap saja lupa dan malah ada yang sulit dimengerti. Bermodalkan iman, harapan dan kasih… ia kembali kepada Tuhan sumber segala pengetahuan, ia meminta Bunda Maria untuk membantunya. Ia percaya bahwa Bunda Maria akan mendekati Puteranya Yesus Kristus untuk membantu dia. Dia percaya bahwa Tuhan selalu mendengarkan doanya dan memenuhi harapannya. Benarlah yang terjadi, doanya dikabulkan Tuhan, harapannya terpenuhi, ia lulus.
Saya percaya, bahwa kita semua sudah alami pengalaman bagaimana Tuhan mengabulkan doa kita dan memenuhi harapan kita. Kapan pengalaman, doa kita dikabulkan,  yang terakhir terjadi keatas anda? Bagaimana perasaan anda waktu itu?
Marilah saudara-saudari… Tuhan sangat baik kepada kita. Dia tidak pernah mengabaikan kita. Sebagai tanggapan atas kebaikanNya, bersyukurlah dan pujilah Tuhan; berdoalah selalu dengan penuh iman, perbaharuilah selalu harapan kita kepadaNya dan perkuatkanlah cinta kasih kita kepadaNya.

Kita memohon Bunda Maria untuk selalu mendoakan kita agar iman, harapan dan kasih kita kepadaNya tetap kuat. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: