SMS Sabda

Another way spreading God Words

Vade retro satana – Enyahlah iblis!

​HIK:

Jumat, 7 Oktober 2016

Pekan Biasa XXVII

Jumat Pertama

PW Rosario S.P. Maria

Gal 3:7-14; Mzm 111:1-2.3-4.5-6; Luk 11:15-26

Inilah semangat yang diwartakan St Benediktus setiap kali ber-eksorsisme, mengadakan pengusiran setan. Adapun pada bacaan hari ini, Yesus mempertunjukkan kuasa Ilahi dengan mengusir setan, mengalahkan Iblis, dan merampas miliknya (Luk 11:20-22).
Yang menarik adalah bahwa para iblis yang masuk lewat hati para musuh Yesus menemui jalan buntu untuk melawanNya sehingga mereka memfitnahNya :“Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul.”
Disinilah, ada beberapa ajakan imani supaya kita juga tidak mudah memfitnah sesama dan sekaligus juga bisa mengenyahkan kuasa iblis, antara lain :
1. Kesatuan :

Kita diajak untuk “merapatkan barisan”, mulai dari keluarga dan gereja kita, sehingga tidak mudah terpecah tapi benar2 bersatu dalam hik- harapan, iman, dan kasih, karena seperti kataNya: “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa.”
2. Ketegasan :

“Barangsiapa tidak bersama Aku, ia melawan Daku, dan barangsiapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.” Inilah peringatanNya supaya kita menerima Yesus 100%, sehingga tak ada lagi tempat kosong buat roh jahat. Pastinya, kita tidak mungkin bersikap netral/suam suam kuku (mediocre) dalam konflik rohani antara Kristus dengan kejahatan.
3. Kewaspadaan :

Setan yang telah diusir terus mencari-cari saat yang tepat untuk masuk kembali karna para iblis ada untuk menentang kedatangan Kerajaan Kristus (Luk 11:24-26; Mat 13:18-30; Why 12:12).
Jelasnya, dalam pertobatan dan keselamatan (Yoh 3:3), kita tidak hanya harus dilepaskan dari dosa tapi juga menyerahkan diri kepada ketaatan, doa, kebenaran dan firman Allah serta Roh Kudus (Kis 2:4; Rom 8:1-39).
Hal ini dikarenakan kuasa Iblis tidak berakhir setelah pertobatan tapi terus berlangsung sebagai suatu “bahaya laten”, ancaman yang tak berkesudahan (Luk 22:31).
“Ada galah di rumah sebelah- Waspadalah dan berjagalah!”
Salam HIKers,

Tuhan berkati & Bunda merestui

Fiat Lux!@RmJostKokoh
(Romo Josafat Kokoh Prihatanto – Jakarta)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: