SMS Sabda

Another way spreading God Words

Takutilah Tuhan Allahmu!

​Siraman Rohani

Jumat 14 Oktober 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Takutilah Tuhan Allah-mu! (Lukas 12: 1 – 7)
Saudara-saudari…. Di saat orang saling mencintai, maka kerinduan untuk bertemu selalu ada dalam pikiran dan hati mereka. Di saat salah satunya sakit, maka perasaan takut akan kehilangan orang yang dicintai itu pun selalu menghantui pikiran dan hati dari teman-temannya. Perasaan takut akan kehilangan orang yang dicinta di sini artinya takut kalau-kalau ia meninggalkan kita; takut jangan-jangan karena kesalahan kita, orang yang kita cintai akan menjauh dari kita; takut jangan-jangan secara tiba-tiba Tuhan memanggilnya pergi untuk selama-lamanya.

Seorang teman, secara tebuka ungkapkan perasaannya kepada saya di saat ibunya sakit. Katanya, “Teman, sesudah mendengar berita bahwa ibu saya sakit, setiap saat saya sangat cemas. Di saat anggota keluarga kirim sms atau telpon, saya selalu cemas, jangan-jangan ada berita sedih menyangkut mama saya. Saya sungguh cemas kehilangan mama saya. Tolong doakan agar saya siap menerima kenyataan apapun yang akan terjadi. Doakan mama saya, semoga Tuhan memberi dia kesembuhan.”
Hari ini Yesus ingatkan para muridNya, katanya: “Janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka, Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!”
Apakah arti dari pernyataan Yesus: Takutilah Dia? Arti dari pernyataan Yesus ini sesungguhnya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi,    yaitu takut akan kehilangan Tuhan, yang sangat mencintai kita. Dia adalah Bapa kita, Dialah pencipta kita; Dia selalu menyiapkan apa yang kita butuhkan; Dia selalu menyertai kita kapan dan dalam situasi apa saja; Dia selalu mencintai kita. Walapun kita sudah jatuh ke dalam dosa, tetapi Ia selalu siap mengampuni dosa kita. Karena Dia begitu baik, maka kita selalu berusaha untuk selalu menjaga relasi yang baik dengan Dia. Kita takut jangan-jangan karena kesalahan kita maka kita jadinya menjauh dari Dia dan kita pelan-pelan kehilangan Tuhan. Itulah arti dari pernyataan Yesus: Takutilah Dia! Bukan takut dalam arti negatip: takut jangan-jangan karena kesalahan kita Dia akan menyiksa kita, Dia akan menghukum kita. Tuhan yang mahacinta, maha berbelaskasihan tidak akan menghukum kita; sebaliknya, kita yang menghukum diri kita sendiri karena kesalahan kita sendiri.
Marilah saudara-saudari… Tuhan yang mencintai kita akan selalu mendapingi kita sampai pada akhir zaman. Hanya kepada Dia kita pasrahkan diri kita. Jangan pernah tinggalkan Dia. Barangsiapa yang selalu berpegang pada Tuhan, apapun tantangan yang kita hadapi pasti kita dapat hadapinya dengan tenang dan sabar. Yesus Kristus, Tuhan kita, sudah tunjukkan itu semua kepada kita. Dia berhasil memikul salib ke Golgota dan bertahan bergantung di salib dan kemudian menghebuskan nafasnya dengan tenang, karena Tuhan selalu memberi Dia kekuatan.
Kita berdoa semoga Tuhan selalu memberi kita kekuatan dalam menghadapi situasi apa saja. Jangan takut kepada siapa-siapa, kecuali kepada Dia yang menguasai hidup kita, baik tubuh maupun jiwa kita.
Kita masih dalam bulan Oktober, bulan khusus kita berjalan bersama Bunda Maria, berdoalah bersama Maria, mintalah dia untuk selalu mendoakan kita. Amen!
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: