SMS Sabda

Another way spreading God Words

Jiwa perbuatan

​Siraman Rohani

 Sabtu 15 Oktober 2016

Rm Fredy Jehadin SVD
Tema: Iman adalah jiwa dari perbuatan kita! (Lukas 12: 8 – 12)
Saudara-saudari… Hari ini kita rayakan Pesta St. Teresia dari Avila. Sesudah mengalami banyak penderitaan ia mendapat penglihatan. Ia menyaksikan kesengsaraan orang-orang di dalam Neraka. Sejak saat itu ia mengalami suatu pertobatan bathin yang radikal dan berdoa agar Yesus meperkenankan dia melayaniNya dengan penuh kesetiaan. Pada usia 50-an tahun, Teresia mencita-citakan suatu biara kecil di mana beberapa orang suster menghayati dengan lebih sungguh aturan-aturan asli karmelit. Bersama 4 orang suster lain, ia mendirikan biara idamannya itu, biara santo Yosef di Avila pada 24 Agustus 1562. Tujuan utamanya ialah untuk membaharui semangat hidup suster Karmelit sesuai dengan tujuan aslinya. Usahanya ditantang oleh banyak orang, tetapi Paus mendukung usaha pembaharuannya.  Ciri khas biaranya: kecil, miskin, tertutup terhadap dunia luar dan berdisiplin keras. Ia meninggal dunia 24 Oktober 1582. Pada tahun 1622 ia dinyatakan kudus oleh Paus Gregorius 14 dan diangkat sebagai pelindung Spanyol. St. Teresia sekali mendapat pengalaman iman, ia sungguh focus pada pesan yang diterimanya dari pengalaman itu. Imannya pada Kristus sudah menjiwai segala perbuatannya. Ia percaya bahwa imannya akan Yesus Kristus sudah menjiwa perbuatannya, ia percaya bahwa usaha pembaharuannya dalam biara Karmel pun pasti berhasil. Benarlah yang terjadi. Paus Gregorius ke 14 mengakuinya karena itu ia menobatkannya menjadi orang kudus dan pelindung Negara Spanyol.

Saudara-saudari… Injil hari ini mengingatkan kita akan tiga hal penting.
1) Mengakui Yesus Kristus sebagai Putera Allah. Barangsiapa yang mengakui Yesus Kristus, maka Yesus Kristus-pun akan mengakui dia. Katanya kepada para muridNya: “Setiap orang yang mengakui Aku di di depan manusia, maka Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malekat-malekat Allah. Barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, maka ia akan disangkal di depan malekat-malekat Allah.”  Terpujilah kita kalau kita selalu mengakui Yesus Kristus dengan penuh iman. Tuhan selalu mengharapkan agar pengakuan kita sungguh menjiwai segala perbuatan kita. Pengakuan tanpa perbuatan adalah sia-sia. Tunjukkanlah kepada dunia bahwa kita adalah saudara dan saudari Kristus. Di saat kita ditantang, hadapilah tantangan itu dengan senyum dan layanilah mereka dengan baik. Perbuatan baik kita pasti akan menggugah hati banyak orang. Iman kita harus menjiwai perbuatan kita.
2) Barangsiapa yang menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Dia yang menghujat Roh Kudus berarti secara sadar dan penuh tanggungjawab ia tidak mengakui Roh Kudus; menolak keberadaan dan kuasa Roh Kudus. Barangsiapa yang menolak Roh Kudus, maka konsekwensinya adalah pada hari akhirat dia akan tinggal di tempat di mana Roh Kudus tidak bersemayam. Kalau Roh Kudus tidak ada itu berarti  kesengsaraan untuk selamanya menjadi bagian dari kehidupan mereka yang menolak Roh Kudus. St. Teresa dari Avila dalam penampakannya sudah melihat kesengsaraan yang ada di Neraka. Kita berdoa semoga kita selalu mengakui Roh Kudus untuk selama-lamanya.
3) Roh Kudus selalu tinggal bersama orang yang percaya kepadaNya. Yesus menasihati para muridNya: “Janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.”  Pernahkah kita alami bagaimana Roh Kudus membantu kita di saat kita dalam keadaan terjepit? Yesus Kristus menjanjikan kita akan kebaikan Roh Kudus. Percayalah pada perjanjianNya karena Ia selalu setia pada apa yang sudah dikatakanNya. Yesus Kristus adalah kebenaran. Apa yang dikatakannya selalu benar.
Marilah saudara-saudari… kita berdoa memohon bantuan Tuhan agar Ia selalu menguatkan iman kita agar dengan demikian iman kita selalu dijadikan jiwa dari perbuatan harian kita.
Kita meminta Santa Teresia dari Avila dan Bunda Maria untuk mendoakan kita. Amen.
(Pastor Fredy Jehadin, SVD Papua New Guinea)

  ———————–

Iklan

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: